Cara Menulis Artikel Ilmiah: Hasil Penelitian (Result of Research)

Artikel ini fokus pada Cara Menulis Artikel Ilmiah: Hasil Penelitian (Result of Research). Bagian penelitian merupakan bagian yang mencermikan kualitas temuan-temuan yang akan mengarah pada pembuktian kebaruan artikel yang Anda buat. 
Cara menulis artikel ilmiah: Result of research

Beberapa pertanyaan yang subtansi antara lain: 
(1) Bagaimana membuat bagian Hasil Penelitian yang baik dan benar? (2) Poin-poin apa saja yang wajib ada di bagian Hasil Penelitian? 

Pengalaman saya menjadi penulis dan reviewer menumukan beberapa kasus pada bagian Pembahsan antara lain.

  1. Hasil penelitian tidak disajikan sesuai dengan template artikel.
  2. Data-data baru tibanya muncul di hasil penelitian, padahal instrumen dan analisis data tidak ada di bagian metode penelitian.
  3. Hasil analisis data tidak menjawab rumusan masalah yang dibuat.
  4. Hasil penelitian tidak diuraikan, hasil ditampilkan data dalam tabel dan grafik saja.
  5. Data hasil penelitian ada (Fabrikasi & Manipulasi).

Pada artikel ini saya sajikan tips dan trik untuk membuat Bagian Hasil Penelitian sebagai berikut.

1. Sajikan hasil penelitian dengan mengkuti aturan di jurnal tersebut
Jangan sekali-kali menyajikan bagian Hasil Penelitian dengan tidak mengikuti template artikel yang Anda tuju. Hal ini akan berdampak buruk bagi penilaian dan kemungkinan pasti diReject.

2. Must be clear the way of presenting (Table, Graph, Chart, etc)
Ketika menyajikan bagian Hasil Penelitian harus bisa semaksimal mengemas secara Singkat, Padat, dan Jelas. Perhatikan cara membedakan menyajikan tabel, grafik, diagram dan lain-lain harus memenuhi aspek keterbacaan.

3. Hindari memunculkan data "SILUMAN"
Banyak artikel yang diREJECT salah satu penyebabnya adalah DATA SILUMAN. Data siluman merupakan data yang disajikan pada bagian Hasil Penelitian, namun di bagian metode penelitian tidak disinggung. Selain itu di metode penelitian tidak disajikan terkait instrumen dan analisis data, namun tiba-tiba muncul di hasil penelitian.

4. Berilah uraian singkat terkait data hasil penelitian
Lebih baik bila bagian Hasil Penelitian yang kita buat ditambah dengan sedikit uraian. Jadi usahakan angka-angka yang ada di bagian Hasil Penelitian sudah clear di bagian ini. Usahakan semaksimal mungkin jangan sampai ada angka-angka di bagian Pembahasan.

Semoga tips dan trik Cara Menulis Artikel Ilmiah: Hasli Penelitian (Result of Research) ini dapat memberi manfaat untuk kegiatan menulis artikel ilmiah yang Anda lakukan. 

Penulis: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel